PENGOLAHAN PANGAN: Buah dan Sayuran

PISANG 

Pisang yang banyak terdapat di pasaran dan disukai oleh masyarakat di antaranya adalah:
  1. Pisang barangan
    Pisang barangan sangat terkenal sebagai pisang meja. Panjang buah 12-18 cm dan diameter 3-4 cm. Warna kullit buah kuning kemerahan dengan bintik-bintik coklat. Warna daging buah agak oranye. Rasa daging buah enak dan aromanya harum.
  2. Pisang raja
    Pisang raja sering diolah menjadi pisang goreng. Panjang buah 12-18 cm dan diameter 3-4 cm. Warna kullit buah kuning warna daging buah kuning kemerahan. Rasa daging buah manis dan terasa agak kasar.
  3. Pisang sere
    Pisang ini berukuran kecil. Warna kullit buah kuning kecoklat-coklatan dengan bintik-bintik coklat kehitaman. Kulit buah tipis. Warna daging buah putih. Rasanya manis dan aromanya harum.
  4. Pisang kepok
    Pisang kepok banyak diolah menjadi pisang goreng. Daging buah ada yang berwarna putih dan ada yang kuning. Yang berdaging kuning lebih enak dibanding yang putih.
  5. Pisang mas
    Pisang ini merupakan pisang meja. Pisang mas berukuran kecil. Kulit pisang mas matang berwarna kuning cerah. Kulit buah tipis, rasanya manis dan aromanya kuat.
  6. Pisang Ambon lumut
    Pisang ini merupakan pisang meja. Kulit buah matang berwarna hijau atau hijau kekuning-kuningan dengan bintik coklat kehitaman.Daging buah berwarna putih kemerahan dan lunak. Rasanya manis, enak dan kuat aromanya.
  7. Pisang nangka
    Pisang nangka hanya digunakan untuk olahan. Warna kulit pisang matang adalah hijau. Rasa daging agak manis.
  8. Pisang Lampung
    Pisang ini adalah pisang meja. Bentuknya mirip dengan pisang mas. Rasanya manis dan aromanya harum. Daging buah pisang mengandung energi, protein, protein, lemak, berbagai vitamin dan mineral seperti yang dapat dilihat pada tabel 1:
Ada beberapa produk yang dapat dibuat dari pisang, yaitu tepung pisang, pisang sale, keripik pisang, selai pisang, keripik binggol pisang dan dodol pisang.

Tabel 1. Komposisi Zat Gizi Pisang per 100 gram bahan

PEPAYA

Di Sumatera Barat ditanam jenis "pepaya semangka" dan "pepaya burung". Masing-masing mempunyai karakteriktik sebagai berikut:

Buah pepaya mengandung kalori (46 K), protein (0,50 gram), karbohidrat (12,20 gram), kalsium (23 mg), fosfor (12 mg), besi (1,7 mg), vitamin A (365 SI), vitamin B1 (0,04 mg), vitamin C(78,9 mg) dan air (86,7 mg).  

Komoditi dari Pepaya 

Ada dua komoditi yang dapat diperoleh dari pohon pepaya, yaitu enzim papain dan buah pepaya.

Enzim papain adalah enzim protaese yang dapat merusak struktur primer protein, yaitu ikatan antar asam amino pada rantai polimer asam amino.

Buah pepaya dapat dijadikan sayur, manisan, asinan (pikel), saus dan selai. 

Penanganan Lepas Panen 

Buah dipetik dari pohon (panen) adalah buah yang telah matang petik. Buah yang matang petik mempunyai daging buah yang berwarna merah atau kuning cerah, bila kulit buah dilukai tidak banyak mengeluarkan getah dan rasanya agak manis. Buah ini harus dilindungi dari memar dan luka. Jika disimpan pada suhu kamar, dalam tiga hari buah sudah matang konsumsi dimana daging buah menjadi lunak, dan lebih manis. Buah yang sudah matang konsumsi, dalam 4 hari saja sudah mulai membusuk. Agar buah yang matang konsumsi tidak cepat membusuk perlu dilakukan penyimpanan pada suhu dingin (7,2 0 C) dengan kelembaban relatif 85-90. Pada kondisi tersebut diperkirakan buah pepaya mempunyai daya tahan simpan selama 15 sampai 20 hari. 

JERUK 

Di Indonesia terdapat banyak jeruk, diantaranya adalah jeruk keprok, jeruk siam, jeruk manis, jeruk nipis dan jeruk kesturi. Pada umumnya jeruk belum menjadi bahan baku industri pengolahan.

Jeruk rasanya manis pada umumnya dikonsumsi langsung. Jeruk nipis, jeruk keprok dan kesturi digunakan sebagai bumbu masakan. Jeruk siam yang berukuran besar yang rasanya tidak begitu manis pada umumnya dikonsumsi juga secara langsung. 

MARKISA 

Tanaman markisa berasal dari Brazil. Tanaman ini disebarkan pertama kali ke seluruh dunia oleh bangsa Spanyol.

Saat ini, terdapat 2 (dua) jenis markisa, yaitu markisa ungu (Passiflora edulis) yanhg tumbuh di daratan tinggi (1200 m di atas permukaan laut/dpl) dan markisa kuning (Passiflora flavicarva) yang tumbuh di daratan rendah ( 0-800 m dpl).

Markisa yang ditanam di Sumatera Barat adalah markisa manis dengan nama Passiflora edulis forma flavicarva. Buah yang masih muda berwarna ungu hijau dan berubah menjadi kuning setelah matang. Rasa buah ini adalah manis dengan sedikit asam dan segar. Tanaman ini banyak ditanam di Alahan Panjang, Solok pada ketinggian 1000-1500 m dpl, suhu 15-20 0 C dan kelembaban 90-95 % 

BENGKUANG 

Bengkuang (Pachyrrhizus erosus (L) Urb) adalah tanaman terna yang merambat. Hasil utama tanaman ini adalah umbi yang berwarna putih berbentuk gasing, berkulit, mudah dikkupas, dan dapat dimakan. Daun dan biji mengandung minyak yang tidak berwarna dan mudah menguap. Minyak ini mengandung racun derrid.

Tanaman ini berasal dari Amerika tropis. Pada abad ke 17 (jan Rumphius) tanaman ini masuk ke Ambon melalui Manila. Saat bengkuang banyak ditanam di Jawa dan Madura pada daratan rendah. Padang adalah salah satu tempat di luar Jawa dan Madura yang menjadi penghasil bengkuang. 

Bengkuang dapat dipanen pada umur 6~11 bulan. Bengkuang gen berumur lebih pendek. Pada umur 4~5 bulan sudah dapat dipanen. Bengkuang Badur dipanen pada umur 7 bulan. Umbi bengkuang dapat dimakan segar, diolah menjadi pikel, manisan, atau diekstrak tepungnya untuk bahan kosmetika. 

TOMAT 

Tanaman tomat (Lycopersicum sp) berasal dari Amerika tengah dan Amerika Selatan, yaitu di sekitar pegunungan Andes dan Brazilia. Dari sana, tanaman ini menyebar ke Meksiko dan Amerika Utara serta seluruh dunia.

Saat ini telah ditemukan berbagai spesies tomat, yaitu tomat biasa (L.pimpinellifolium), tomat apel (L. commune), tomat kentang (L. grandifolium), tomat kriting (L. validum) dan tomat cherry (L. cerasiforme).

Di Indonesia terdapat 4 varietas tomat unggul, yaitu:
  1. Tomat intan: tanaman ini dapat tumbuh pada daratan rendah sampai tinggi. Tanaman ini tahan penyakit layu bakteri. Hasil 12,4 ton/hari.
  2. Tomat ratna: tanaman ini dapat tumbuh pada daratan rendah sampai tinggi. Tanaman ini juga tahan penyakit layu bakteri. Hasilnya 12 ton/tahun.
  3. Tomat berlian: tanaman ini dapat tumbuh baik pada daratan rendah. Tanaman ini juga tahan penyakit layu bakteri. Hasilnya 13 ton/tahun.
  4. Tomat mutiara: tanaman ini dapat tumbuh pada daratan rendah sampai tinggi. Tanaman ini juga tahan penyakit layu bakteri. Hasilnya 14 ton/tahun. 

Tanaman tomat membutuhkan banyak sinar matahari untuk pertumbuhannya (8jam/hari) dan hujan yang cukup tinggi, yaitu 750-1250 mm/tahun. Untuk budidaya tanaman ini membutuhkan tanah liat berpasir yang subur, gembur, banyak mengandung humus danmencapai sirkulasi udara yang baik. pH tanah yang dikehendaki adalah 5-6.

Tomat dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan masakan seperti: saos, selai, chutney, yam dan catsup. 

CABAI 

Tanaman cabe (Capsicum sp.) terdiri dari cabe merah (C. annum L.) dan cabe rawit (C. frutescens). Cabe merah yang buahnya relatif besar disebut dengan cabe merah besar dan cabe merah yang buahnya ramping disebut cabe keriting. Di Sumatera Barat, Cabe yang banyak ditanam adalah cabe merah keriting. Rasa cabe ini lebih pedas dibandingkan cabe merah besar.

Saat ini juga terdapat cabe hibrida yang buahnya berukuran besar, yaitu pabrika, hero, long chili dan hot beauty. Diantara ke tiga cabe hibrid tersebut, yang palling banyak dibudidayakan adalah hot beauty.

Cabe merah dapat ditanamn di daerah daratan rendah dan daratan tinggi yang tidak lebih dari 2000 m dpl, pada tanah subur dengan suhu pH 5,5~6,8. Suhu udara ideal bagi pertumbuhan cabe adalah 24~27 0 C.

Cabe dapat dipanen pada umur 75~80 hari, dan panen berlangsung selama 1~2 bulan. Hasil yang diperoleh sekali penanaman dapat mencapai lebih dari 20 ton per Ha.

Sampai saat ini, cabe pada umumnya dikonsumsi segar sebagai bumbu masakan. Di Sumatera Barat, produk cabe yang sudah dikembangkan adalah cabe giling yang diawetkan dengan garam dan asam benzoat. Cabe ini dijual eceran dan dipajang tanpa kemasan, hanya diletakkan di dalam baskom.

Produk cabe lain yang dapat dikembangkan adalah cabe gilingg dalam kemasan, sambal, cabe kering dan cabe bubuk. 

BAWANG 

Tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) diduga berasal dari Asia Tengah dan telah dibudidayakan semenjak 5000 tahun yang lalu. Tanaman ini dapat ditanam di daratan rendah sampai daratan tinggi yang tidak lebih dari 1200 m dpl. Di daratan tinggi umbinya lebih kecil dibanding daratan rendah.

Tanaman bawang merah memerlukan udara hangat untuk pertumbuhannya (25`32 0 C) dengan curah hujan 300 sampai 2500 mm pertahun. Tanah yang cocok untuk tanaman ini adalah tanah lempung berpasir dengan keasaman rendah (pH 6,0~6,8).

Bawang merah dapat dipanen pada umur 90~150 hari. Umbi yang sudah dapat dipanen ditandai dengan lunaknya jaringan pada leher akar. Pemanenan terlalu dini harus dihindarkan karena selama penyimpanan pada umbi akan tumbuh akan sekunder.

Umbi bawang merah mengandung minyak atsiri, diantaranya terdiri dari senyawa propildisulfida, alilaldehid dan isotiosianat sebanyak 12,-~62,0 mg per 100 gram besat basah. Senyawa tersebut merupakan lacrimatory (penyebab menetesnya air mata).

Umbi bawang merah dapat digunakan sebagai obat nyeri perut, serta penurun kadar gula dan kolesterol. Kegunaan utama bawang merah adalah sebagai bumbu masak. 

Sumber : Sentra Informasi IPTEK 

Artikel Menarik Lainnya :


1 comment:

  1. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat. ^^
    http://aa09.student.ipb.ac.id/2010/12/15/alasan-memilih-ilmu-dan-teknologi-pangan-itp-ipb/
    Anda dapat membuka link tersebut, apabila Anda mengetahui ada saudara atau teman Anda yang bingung mencari tempat kuliah. Terimakasih. :D

    ReplyDelete

Home - About - Privacy Policy - Disclaimer - Contact Us || Designed by Exotic Freshwater Fish